15 Contoh Bhineka Tunggal Ika Dalam Kehidupan Sehari Hari



Bhinneka tunggal ika memiliki makna yang sangat besar bagi bangsa indonesia dimana semboyan ini sebagai pemersatu bangsa. Contoh contoh pengamalan sila ke 3 ketiga pancasila berikut ini beberapa contoh pengamalan sila ke 3 dari pancasila yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari hari.

8 Silabus Pp Kn Sd Versi 110216

Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap suatu materi mengenai contoh penerapan pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Contoh bhineka tunggal ika dalam kehidupan sehari hari. Memberikan kebebasan beragama kepada sesama. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh sebuah pepatah yang mutlak kebenarannya. Jika bhineka tunggal ika benar benar diterapkan dalam kehidupan nyatasehari hari oleh masyarakat indonesia keragaman masyarakat dan budayanya justru menjadi nilai lebihdimata dunia sekaligus menjadi negara yang disegani karena integrasi bangsanya seperti kata orangbijak.

Hal ini dikarenakan indonesia memiliki sebanyak 17000 lebih pulau 60 wilayah laut yang memisahkan beragam pulau dan terdapat suku daerah atau ras yang berbeda beda. Untuk itulah aktualisasi pemahaman nilai nilai bhinneka tunggal ika yang termaktub dalam pancasila sebagai filsafat dan pandangan hidup bangsa perlu dipahami dan dikembangkan serta diimplementasikan dalam berinteraksi sosial karena nilai nilai yang terkandung dalam ke bhinneka tunggal ika an mempunyai fungsi sebagai motivasi dan rambu rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan keputusan. Bersikap merendah dan tidak sombong terhadap orang lain.

Menjaga persatuan dalam masyarakat. Memberikan kebebasan beragama terhadap orang lain. Mau berteman dengan siapa saja.

Mengembangkan persatuan indonesia atas dasar bhinneka tunggal ika. Ada sedikit contoh penerapan semboyan bhineka tunggal ika pada kehidupan sehari hari antara lain. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari hari ialah dengan berbagi rasa saling menyayangi sesama manusia sikap tenggang rasa menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan gemar melaksanakan kegiatan kemanusiaan serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan. Konsep bhinneka tunggal ika itu kemudian dijabarkan di dalam prinsip prinsip bhinneka tunggal ika dimana prinsip tersebut akan menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara. Tak hanya sebagai semboyan saja contoh penerapan bhinneka tunggal ika pada kehidupan sehari hari ternyata sangat banyak antaralain.

Berteman dengan siapa saja. Bersikap adil terhadap sesama. Dengan mengetahui contoh penerapan pancasila tersebut kita dapat lebih mudah untuk mengamalkan pancasila dalam keseharian kita.

Di dalam bhinneka tunggal ika terdapat konsep yang harus dipahami oleh setiap masyarakat yang ingin memaknai bhinneka tunggal ika. Tidak memaksa oranglain mengikuti ajaran agamanya. Bersikap merendah dan tidak memandang remeh oranglain.

Tidak memaksa orang lain untuk mengikuti ajaran agamannya. Terdapat banyak nilai nilai yang terkandung dalam pancasila. Dalam kitab sutosoma definisi bhineka tunggal ika lebih ditekankan pada perbedaan dalam hal kepercayaan dan keaneragaman agama yang ada di kalangan masyarakat majapahit.

Namun sebagai semboyan negara kesatuan republik indonesia konsep bhineka tunggal ika bukan hanya perbedaan agama dan kepercayaan menjadi fokus tetapi pengertiannya lebih luas.

Bhinneka Tunggal Ika Sejarah Tujuan Prinsip Fungsi

Pdf Doniramandha Kwn

Bhineka Tunggal Ika Arti Makna Prinsip Penerapan Lengkap

Pengertian Wawasan Kebangsaan Makna Dan Contoh Di Keseharian

Contoh Bhineka Tunggal Ika Dalam Kehidupan Sehari Hari

Arti Filosofi Dan Sejarah Garuda Pancasila Sebagai Lambang

Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sosialisasi 4 Pilar Demi Implementasi Dalam Kehidupan

Muhammad Nur Faiz Makalah Penerapan Nilai Nilai Bhineka

Mendeskripsikan Pentingnya Integrasi Nasional Dalam Bingkai

Bhinneka Tunggal Ika Makna Dan Implementasi Halaman All

Implementasi Nilai Nilai Bhinneka Tunggal Ika Di

Sebutkan Perilaku Semangat Persatuan Dan Kesatuan Yang Dapat

Bhineka Tunggal Ika Arti Makna Prinsip Penerapan Lengkap


Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Contoh Berita Kasus Pelanggaran Hak Warga Negara 2018

12 Contoh Bahan Kimia Berbahaya

15 Contoh Announcement School Competition